Seni Menyelesaikan Masalah

December 25, 2011
--LETAKAN KODE UNIT ADSENSE HASIL PARSE DISINI--
Hidup itu indah dan juga berat. Berat jika kita terus berputar-putar pada suatu masalah, dan ketika masalah itu selesai, datang lagi masalah baru yang ternyata nggak kalah hebatnya seolah semua tidak memilki ujung. Rasa kecewa, kesedihan, dan kegagalan bukan untuk kita tangisi melainkan untuk kita cari jalan keluarnya. Dan prinsip paling dasar yang harus kita pegang adalah setiap masalah tentu ada penyelesaiannya. Sama seperti pangkal tentunya juga memiliki ujung. Hidup itu juga indah, Indah jika kita mengerti bahwa segala sesuatu yang diberikanNYA merupakan sebuah anugrah untuk kita syukuri. Salah satu contoh adalah kemampuan kita untuk tetap dapat bernafas dan tetap sujud kepadaNYA.

Ketika kita meminta kepadaNYA sebuah bunga yang sangat indah, ternyata Allah memberikan bunga kaktus. Dan ketika kita meminta sebuah kumbang yang indah, tapi DIA memberikan ulat. Tentunya kita sangat kecewa. Rasanya ini semua tidak adil dan tidak sesuai dengan keinginan kita. Seiring waktu berlalu kaktus pun berbunga dan berubah menjadi bunga yang sangat indah dan ulat tersebut pun berubah menjadi sebuah kupu-kupu. Begitulah gambaran kehidupan..terkadang kita berfikir apa yang kita inginkan dan kita mohon adalah yang terbaik untuk kita dan ketika DIA tidak mengabulkan keinginan tersebut kekecewaanlah yang kita dapat. Tapi kita harus sadar kalo DIA memberikan sesuatu kepada umatNYA bukan karena kainginan tetapi karena DIA lebih tahu apa yang kita butuhkan. Ini merupakan pemikiran sederhana yang menjadi landasan bagi kita untuk dapat menetapkan tujuan hidup kita. Sama seperti halnya Tuhan telah menciptakan ikan dilautan dan tugas kita untuk menangkap dan memilihnya tergantung dengan keinginan kita. Begitupun dengan kehidupan kita juga harus dapat menentukan tujuan kita.

“Kunci dari segalnya adalah kekuatan hati kita untuk menyakini bahwa segala sesuatu yang kita alami adalah berdasarkan skenarioNYA” 

Tetapkan dan mantapkan tujuan hidup, karena itu merupakan dasar bagi kita untuk menjalani hidup ini. Dari tujuan kita akan tahu kerangka/konsep kehidupan seperti apa yang kita inginkan, insyaAllah kita tentunya akan lebih menghargai kehidupan karena waktu yang kita jalani sangat sedikit. “Waktu adalah pedang”. Memikirkan yang macam-macam hanya akan menambah beratnya untuk kita menjalani hidup ini. Kendatipun apa yang kita rencanakan tidak tercapai disanalah letak rahasiaNYA. 

Alangkah naifnya jika kita mencoba untuk iseng dalam mencoba sesuatu yang tentunya tidak baik, hal ini akan menjadi boomerang bagi diri kita. Dan ini tentunya akan menambah daftar masalah dalam kehidupan kita, dan ini juga yang akan membuat kita berat untuk menjalani hidup kita sehingga kita lupa akan tujuan awal kita. Nikmatilah kehidupan yang telah dititpkan kepada kita karena ini merupakan sebuah anugrah yang patut kita syukuri. Ketahuilah olehmu orang yang berhasil adalah orang yang sungguh-sungguh dalamnya menjalani segala sesuatu.

dibuat Tahun 2008


Penulis


--LETAKAN KODE UNIT ADSENSE HASIL PARSE DISINI--
Previous
Next Post »