Rahasia membuat donat yang lezat dan empuk

March 24, 2017
--LETAKAN KODE UNIT ADSENSE HASIL PARSE DISINI--
Donat merupakan salah satu makanan ringan yang sangat digemari oleh banyak kalangan, terlebi sebagian besar anak-anak. Saat ini banyak kita temui penjual-penjual donat baik dari skala kecil sampai dengan skala besar. Salah satu contoh donat yang cukup terkenal di Indonesia adalah Dunkin Donut. Sebagian besar orang tua kadang memiliki rasa kekhawatiran jika harus membeli donat untuk memenuhi keinginan anaknya. Belum dari segi harga yang lumayan mahal untuk donat yang terkenal, belum dari segi higienisnya dan keamanan pangan bagi keluarga ataupun anak mengkonsumsinya.



Nah..bagi mama sekarang tidak perlu khawatir, karena donat bisa dibuat juga sendiri dirumah, bahkan donat yang enak, empuk, dan rasanya mirip dengan donat-donat mahal yang dijual. Hal yang perlu mama ketahui dalam pembuatan donat, untuk bahan pembuatan donatnya tidak menggunakan tepung berprotein tinggi ataupun sedang. Menggunakan tepung hasil gabungan antara tepung terigu protein tinggi dan sedang. Pengaruhnya adalah tepung terigu dengan protein tinggi akan menghasilkan donat yang besar dan mengembang ke atas. Namun jika jika menggunakan tepung terigu protein sedang donat yang dihasilkan terlalu soft. 
Sekarang mama sudah tahukan prinsip yang harus diperhatikan dalam pembuatan donat. Berikut cara pembuatan donat yang bisa mama praktekkan diruman;

Membuat donat empuk dan lezat

Bahan yang diperlukan:

Bahan 1
4 kuning telur ayam
100 gram mentega
200 ml air hangat

Bahan 2 (Aduk rata)

600 gram tepung terigu blend
11 gram ragi instan
80 gram susu bubuk full cream
75 gram gula pasir halus
1/2 sdt garam halus
Bahan Olesan (Kocok Rata)
100 g margarin
1 sdm gula bubuk
Bahan Hiasan
Keju Cheddar parut
Meises warna-warni
Saus Coklat/Strawberry

Cara Pembuatan

  • Tempatkan bahan 2 kedalam wadah.
  • Tuangkan kuning telur yang sudah dikocok rata kemudian aduk hingga rata.
  • Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil uleni hingga adonan benar-benar menjadi kalis.
  • Masukkan mentega, uleni kembali hingga kalis.
  • Bentuk adonan menjadi bulat dan diamkan selama 30 menit.
  • Setelah itu, kempiskan adonan dan bagi adonan menjadi beberapa bagian. Tiap bagiannya adalah 30 gram (ditimbang terlebih dahulu).
  • Kemudian bulatkan bentuknya setiap adonan, tusuk bagian tengahnya dengan menggunakan jari telunjuk sambil putar hingga berlubang. Atau bisa menggunakan sumpit untuk melubangi.
  • Diamkan selama 15 menit Resep Donut Empuk.
  • Tuangkan minyak dalam jumlah besar dan panaskan minyak di atas api sedang. Goreng donat hingga mengapung dan kering berwarna Kuning Keemasan. Angkat dan sisihkan.
  • Taburi dengan bahan Taburan.

Selamat mencoba, dan semoga mama berhasil menyajikan donat empuk dan lezat bagi keluarga dirumah.
--LETAKAN KODE UNIT ADSENSE HASIL PARSE DISINI--
Previous
Next Post »
0 Komentar